Teknik Posisi Dalam Memegang Mallet

    Dalam permainan marimba yang sering dijumpai menggunakan dua atau empat mallet, walaupun masih juga tedapat teknik lain yang menggunakan enam sampai delapan mallet.

 

Sumber : http://1080.plus/Gemini_for_six_mallets_marimba_solo

Pada penelitian ini penulis akan menggunakan teknik empat mallet. Terdapat 4 macam teknik/grip empat mallet yang biasa digunakan untuk kelas concertvatory yaitu Musser grip, Burton grip, Steven grip dan Traditional grip seperti gambar dibawah ini :

 

Sumber : http://sites.psu.edu/justamovieand.com

Teknik/ posisi empat mallet yang akan digunakan adalah sistem tradisional (traditional grip), karena ada beberapa penyesuaian ketika akan menggunakan grip yang lain terutama dengan posisi traditional grip menjadi lebih nyaman dalam memunculkan estetika dalam lagu ini  Adapun posisi atau cara memegang mallet sistem tradisional (traditional grip) adalah sebagai berikut :

Tangkai mallet 1 diletakkan dan dihimpit antara jari telunjuk dan jari tengah pada tangan kiri, pangkal mallet menekan pada telapak tangan.

 

Gambar : memegang mallet pada tangan kiri

Sedangkan mallet 2 diletakkan ditelapak tangan dibawah mallet 1, dihimpit antara ibu jari dan jari telunjuk, pangkal mallet menekan telapak tangan.

 

Gambar: memegang mallet 1 dan 2 posis telapak tangan kiri dibalik

Tangkai mallet 3 diletakkan dan dihimpit antara ibu jari dan jari telunjuk pada tangan kanan, pangkal mallet menekan pada telapak tangan.

 

Gambar: Memegang mallet pada tangan kanan

Sedangkan mallet 4 diletakkan di telapak tangan diatas mallet 3 dihimpit antara jari telunjuk dan jari tengah, pangkal mallet menekan telapak tangan.

 

Gambar: memegang mallet 3 dan 4 posis telapak tangan kanan dibalik


Tidak ada komentar: