Alat Perkusi Melodis/Bernada

     Alat musik perkusi melodis adalah alat perkusi yang memiliki nada, artinya ketika dipukul akan mengeluarkan bunyi yang bernada alias memiliki picth. Dalam jenisnya terbagi menjadi 2 kategori, perkusi melodis beraturan dan tidak beraraturan. Untuk jenis perkusi melodis yang beraturan artinya dia memiliki alur bunyi yang stabil/konstan, sedangkan yang tidak beraturan, dia tidak stabil alias berubah-ubah tergantung dari si pemain yang menginterpretasi.

Sumber:https://www.orsymphony.org/learning-community/instruments/percussion/

    Contoh alat musik perkusi melodis sangat beragam ada di pukul menggunakan stick dan ada juga dengan tanpa stick atau hand percussion, seperti marimba, vibraphone, xylophone, glokenspiel, chime, timpani, hang drum, crotales, triangle,dll. Selain itu untuk perkusi melodis yang seakan itu perkusi ritmis namun memiliki nada apabila di tuning, yaitu concert tom, rototom, timbales, bongo, cowbel, wood block, slight bell,dll.

    Namun sebenarnya dalam keluarga perkusi semua jenis alat perkusi pasti memiliki nada, namun tidak seperti piano yang bisa dipakai untuk memainkan melodi dengan berbagai variasi, untuk perkusi cenderung terbatas, terkecuali mallets percussion atau picth percussion.

Tidak ada komentar: