Alat Perkusi Ritmis/ Tidak Bernada

 

Selamat datang di PERKUSIBERNADA.COM, web blog yang mandiri..

Keep healthy and always PRACTICE EVERYDAY!!!

 Sumber: http://vickyjohnson.altervista.org/DME%20Orff%20Assignment.htm

    Alat perkusi ritmis/ tidak bernada adalah instrumen perkusi yang tidak memiliki nada dan bersifat polyritmic artinya kebanyakan kategori ini sering digunakan dalam reportoar musik sebagai pemegang tempo/ketukan sehingga sebuah lagu berjalan sesuai tempo yang berlaku dan tidak ngawur.

    Contoh alat perkusi rimis, Drum Set, Snare Drum, Grand Cassa/ Bass Drum, Piatti, Cymbal, Castagnet, Wood Block, Quint Tom Bongo, Conga, Tambourine, Tam-tam, dll. Untuk wilayah musik klasik/ orchestra, perkusi ritmis lebih membawa nuansa yang lebih variatif dan energik, sehingga saat di pertunjukan juga terlihat lebih hidup susasan musiknya.

    Tentu saja tiap-tiap instrumen pasti memiliki jenis dan merk yang bervariatif, artinya semakin harga dan merk tersebut bagus, pasti suara yang dihasilkan tentu saja lebih baik dari yang harganya lebih rendah. Dan juga faktor tuning merupakan hal penting dalam mengatur tekanan membran dalam perkusi ritmis, terutama yang sumber bunyinya berasal dari membran itu sendiri, seperti Drum Set, Snare Drum, Bass Drum, dll.

Tidak ada komentar: