Dampening, Pemilihan Mallet, Perawatan Dasar Timpani dan Mallet nya.

 

https://www.adams-music.com/images/webitems/0/8/F/08F32F1C7B6B486094AB4CBEB9494EBB1024.jpg

    Muffling/ Dampening: Sebaiknya dilakukan dengan sangat lembut dengan ujung jari (bukan dengan tangan penuh dan PASTI tidak dengan melemparkan seluruh tubuh ke atas drum…. Hahaha).  Kebanyakan pemain terlalu sering meredam timpani tapi DENGARKAN dengan siapa kamu bermain. Hal ini tidak selalu seperti yang terlihat di partitur, artinya pemain juga harus mengkondisikan saat nya melakukan dampening atau tidak. Seringkali pemain melihat not seperempat tapi yang  didengar adalah not setengah atau seluruh not. So, ikuti apa yang kamu dengar dan rasakan perbedaannya.

    Pemilihan Mallet: Jangan tertipu ketika menganggap mallet sebagai ukuran (mallet yang lebih lembut sama dengan suara yang lebih lembut; ,mallet yang lebih keras sama dengan suara yang lebih keras). Meskipun mungkin benar, namun seringkali itu bukan suara yang BENAR. Pikirkan malletmu sebagai artikulasi, untuk bagian yang sangat lembut namun berirama, kamu akan sering menggunakan mallet yang jauh lebih keras, sedangkan untuk bagian yang lebih keras dan bergema, kamu mungkin bakalan menggunakan mallet yang lebih lembut. Coba saja!!

    Perawatan Dasar: Head timpani harus bulat (tentu saja!). Jaga agar bebas dari penyok (ini dapat dilakukan dengan mengetuk sedikit penyok dengan mallet karet dengan kain lembut yang ditempatkan di antara mallet dan head). Pada head seharusnya tidak ada robekan, cublesan rokok, penyok, tanda krayon, dll. Di atasnya!! Head yang dirawat dengan baik bisa bertahan cukup lama. Aturan yang baik adalah untuk mengganti head timpani setiap 2-3 tahun. Jika pedal tidak bekerja di beberapa waktu, ini terkait dengan head mati atau head tidak disetel ke nada dasar yang benar dan untuk membersihkan timpani atau perawatan (pastikan semua lug sama tuningnya) minimal seminggu sekali.

    Perawatan Mallet: JANGAN SENTUH KEPALA MALLET !!!!!!! Sangat sensitif dan minyak di tangan yang khas dapat memiliki efek negatif pada kepala mallet. Simpan di dalam kantong plastik, sebaiknya tanpa menyentuh kepala. Kantong kecil yang dipelintir di satu kepala dan kemudian kepala lainnya bisa sangat efektif. Anda harus membeli wadah terpisah hanya untuk mallet timpani. Hal ini membuat mereka tidak terguling di bawah snare stick, dll. Kepala mallet yang robek akan menyebabkan suara yang tidak konsisten. Jadi harus jaga baik-baik mallet kalian, jangan sampai dipinjamkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Tidak ada komentar: