Teknik Empat Mallets #1

Meningkatkan teknik bukan berdasar pada cara memegang, mengayunkan mallets, tapi bagaimana kita lebih fokus penguasaan anatomi tubuh agar dapat mudah beradaptasi pada setiap Grip yang ada.

Teknik empat mallet sedari 40 tahun yang lalu hingga sekarang terus mengalami perkembangan, salah satunya pada Grip dan ekplorasi bunyi di marimba dan hampir di setiap karya-karya solo marimba saat ini menggunakan teknik empat mallets bahkan teknik yang lebih tinggi.

Sekitar tahun 70an Leigh Howard Stevens menulis buku untuk teknik empat mallets : Method of Movement for Marimba. Tentu saja berfokus bagaimana cara memegang mallet, memukul mallet, warming up untuk memulai latihan marimba, dan lainnya. Selanjutnya juga ada buku berjudul Simply Four oleh Gifford Howarth yang berisi juga tentang fundamental teknik empat mallet.

Teknik empat mallet merupakan pengembangan dari dua mallet, yang secara basic juga merupakan fundamental pada instrumen snare drum dan perkusi lainya karena terdapat teknik single stroke yang menjadi dasar permainan.

 Untuk memegang empat mallets membutuhkan sedikit kekuatan otot jari dan tumpuan telapak tangan. Saat warming up pun disarankan tidak langsung memainkan reportoar berat, terdapat langkah-langkah warming up pada empat mallet seperti disini.

Seperti pada buku Method of Movement, dijelaskan beberapa teknik pemanasan seperti Independent Roll dan variasinya seperti pada latihan 1-5. Sekali lagi untuk meregangkan otot saat warming up tidak perlu berlebihan dan harus sesuai kemampuan kita.

Bersambung!!

 

Sumber: https://williamjamespercussion.com/tag/marimba-technique/


 

Tidak ada komentar: