Teknik Empat Mallets #2

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang teknik empat mallets dari buku Method of Movement tentang pemanasan saat sebelum memulai memainkan sebuah reportoar. Kali ini kita lanjutkan dengan teknik yang lain, yaitu Doubel Laterals/ Lateral Ganda. Bagaimana cara melatihnya atau bagaimana cara memainkannya??

Pukulan Lateral ganda adalah salah satu basic teknis yang paling umum pada instrument marimba. Untuk memulainya menerapkan teknik arpeggio dengan posisi kepala mallet agak condong ke bawah. Beberapa transisi terlihat agak rumit, akan tetapi tidak disarankan memainkannya dengan tempo cepat, namun hanya untuk melanjutkan pemanasan ketingkan selanjutnya.

Panduan Latihan yang mengarah tentang teknik ini mirip dengan #478-485 dari Method of Movement. Latihan ini sangat membantu pada bagian dalam dan luar Lateral ganda, kemudian dapat melanjutkan bagian lain untuk latihan yang lebih sulit akan tetapi ini saja sudah cukup untuk pemanasan.

 
https://www.youtube.com/watch?v=ElWUBVNUnmc

Video dari Innovative Percussion oleh Mark Ford memberikan gambaran bagaimana cara melatih teknik Lateral ganda, yang mengibaratkan bola kasti yang jatuh ke bawah lalu memantul secara langsung tanpa harus di lemparkan kembali. Dengan kata lain, teknik ini mengandalkan dari pergelangan tangan yang digerakkan ke kanan dan ke kiri secara langsung. Oleh sebab itu tidak disarankan langsung dengan tempo cepat karena dikawatirkan akan mengalami cidera di pergelangan tangan. Serta perlu genggaman mallet yang kuat agar tidak mudah bergeser dan lepas.

 

Sumber: https://williamjamespercussion.com/tag/marimba-technique/

Tidak ada komentar: