Teknik Memukul dan Membuka-Tutup Posisi Mallet

     Dalam proses membuka dan menutup mallet dibutuhkan konsentrasi yang penuh, artinya prinsip dasar memegang mallet harus kuat dan sudah terasa nyaman. Teknik yang dimaksud adalah perubahan mallet dari posisi tertutup ke posisi terbuka dan sebaliknya. Untuk teknik membuka mallet yaitu menggerakkan atau menggeser mallet 1 dan 2 yang terletak pada pada telapak tangan kanan dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, sementara jari yang lain tengah, manis dan kelingking tetap pada posisi semula. Sedangkan untuk menutup mallet menggerakan atau menggeser mallet 1 dan 2 dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, sementara jari yang lainnya tetap pada posisi semula.

Gambar : membuka dan menutup mallet

Sumber : http://yamahacorpus.tumblr.com

Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara memposisikan / meletakkan mallet 1 dan 2 pada bilah nada marimba yaitu bilah nada c dan kemudian gerakkan mallet 1 kearah kanan yaitu bilah nada d, e, f, g dan seterusnya hingga mencapai 1 oktaf . Sementara posisi mallet 2 tetap terletak dibilah nada c, agar mallet tidak mudah geser maka bola mallet 2 ditahan atau dipegang dengan tangan kiri. Sedangkan untuk mallet 2 dapat digerakkan kearah kiri yaitu pada bilah nada b, a, g, turun hingga mencapai 1 oktaf kebawah, sementara posisi mallet 1 tetap terletak dibilah nada c.

Teknik memukul

Teknik memukul dengan menggunakan empat mallet pada prinsipnya ada dua macam cara yaitu;

a.    Memukul dengan menggunakan pergelangan tangan, posisi mallet membentuk sudut 90º, untuk memukul menggunakan mallet 1 pada tangan kanan dan mallet 4 pada tangan kiri.

b.    Memukul dengan menggunakan as lengan, posisi mallet membentuk sudut 45º atau berjarak ters, untuk memukul menggunakan mallet 1 atau 2 pada tangan kanan secara bergantian, begitu juga mallet 3 atau 4 pada tangan kiri.

 

 

Tidak ada komentar: