MENGENAL TEKNIK EMPAT MALLET PADA REPERTOAR SOLO MARIMBA KARYA KEIKO ABE

Halo sobat pukul di seluruh dunia, kali ini aku akan sharing lagi tentang beberapa teknik empat mallet yang ada di Marimba, apa saja sih tekniknya?? Yok kita pelajari bersama..

Sebelumnya aku pernah cerita tentang penerapan teknik empat mallet pada lagu Tambourin Paraphrase for Solo Marimba karya Keiko Abe dan ternyata terdapat beberapa teknik pada special notation di lagu ini, artinya ada beberapa simbol di dalam notasi lagu ini yang dimainkan secara berbeda, apa saja sih?? 

  1. Dead stroke, apabila menemukan notasi dengan simbol () maka cara memainkannya adalah dengan menahan mallet saat memukul dan kepala mallet menekan pada bilah sehingga menimbulkan suara yang mati. 
  2. Shaft mallet, apabila menemukan notasi dengan simbol () tersebut cara memainkannya adalah dengan memukul pinggir bawah bilah menggunakan tangkai mallet. 
  3. Apabila menemukan notasi dengan simbol () tersebut cara memainkannya adalah dengan memukul pinggir bawah bilah menggunakan tangkai mallet dengan dipantulkan secara berulang. 
  4. Apabila menemukan notasi dengan simbol () tersebut cara memainkannya adalah dengan memukulkan tangkai mallet tangan kiri ke tangkai mallet tangan kanan secara bersamaan. 
  5. Apabila menemukan notasi dengan simbol () tersebut cara memainkannya adalah dengan memukulkan tangkai mallet tangan kiri ke tangkai mallet tangan kanan secara bersamaan tetapi dengan dipantulkan secara berulang.
  6. One hand roll, adalah merupakan teknik memukul secara bergantian dengan menggunakan 2 mallet,   dalam posisi mallet 2 dibawah  dan mallet 1 diatas ( tangan kiri), atau dengan 2 mallet dalam posisi mallet 3 diatas dan mallet 4 dibawah ( tangan kanan ).
 Gambar : Posisi Mallet

 

Tidak ada komentar: