BELAJAR MARIMBA : TEKNIK EMPAT MALLET UNTUK PEMULA

Pertama kali mempelajari empat mallet dalam meningkatkan skill bermain Marimba tentu akan membuat sangat frustasi pada awalnya karena harus memikirkan kembali gerak interval, pegangan yang tepat, pukulan yang berbeda dan tentu saja memainkan nada secara tepat. Proses awal ini bisa sangat melelahkan, dan jangan sekali-kali terjebak dalam buaian orang seperti, harus mainkan reportoar yang sulit dan cepat baru dianggap keren. STOP !! Waspadalah !!

Berikut beberapa pemanasan dalam latihan empat mallet pada marimba yang telah saya kembangkan untuk seorang pemula. Intinya adalah mempraktikkan teknik empat mallet untuk memperoleh dan melatih kepercayaan diri sebelum memainkan instrument supaya tidak merasa kesulitan saat berlatih atau melakukan pertunjukan resital.

Pukul di lantai !!

Mempraktikkan teknik dasar marimba di lantai adalah cara yang baik untuk memperkenalkan cara bermain empat mallet. Saat pegangan diajarkan, pukulan lateral dan vertikal ganda dapat dipelajari dengan percaya diri tanpa perlu khawatir akan nada yang terlewat. Saya biasanya memulai pada pemanasan agar melatih kekuatan pegangan tangan pada mallet tidak goyah. Setelah satu atau dua minggu, coba praktikan pada instrument pasti akan berbeda. Cara memulainya:

  1. Duduk di lantai dengan punggung menempel ke dinding.
  2. Kaki harus lurus ke depan.
  3. Tempatkan mallet di lantai dalam interval yang nyaman (biasanya jarak 4 atau 5). Dengan jempol ke atas, tangan harus menyentuh lantai dengan ringan/relax. 
  4. Tarik pergelangan tangan ke belakang untuk menaikkan mallet ke ketinggian atau level permainan yang dipilih. Jangan sesuaikan level permainan ini dengan siku, gunakan pergelangan tangan. Pastikan semua mallet berada pada level ketinggian yang sama. 
  5. Lakukan latihan berikut dengan metronome, dengan menjaga level permainan tetap konsisten. Jika level yang disetel di interval 4 tidak konsisten, perlambat tempo agar kamu dapat mengontrol levelnya dan tingkatkan kecepatan secara bertahap.

Tidak ada komentar: